Euro 2016 Akan Terapkan Teknologi Garis Gawang Ikuti Piala Dunia

Bukan hanya itu, UEFA juga memutuskan teknologi yang sama juga akan digunakan di Liga Champion 2016-2017 serta Liga Europa mulai musim 2017-2018. Tuntutan zaman membuat UEFA tidak bisa berpaling lagi dari teknologi tersebut.
Kejadian kontroversial seperti gol Frank Lampard yang tidak disahkan di Piala Dunia 2010, selau menjadi bahan diskusi tentang penting tidaknya penerapan teknologi garis gawang. Di saat dunia semakin canggih, dan semua peristiwa di lapangan dapat terekam dengan baik, akan sulit jika teknologi garis gawang tidak digunakan. Setidaknya sebuah federasi atau konfederasi akan menjadi sasaran cacian jika kasus ala Lampard terulang kembali.
Mengikuti Piala Dunia 2014, Euro 2016 akan menerapkan teknologi tersebut. Disampaikan oleh UEFA, Piala Eropa 2016 akan menjadi ajang pertama di konfederasi mereka yang memakai teknologi garis gawang. Ini dilanjutkan dengan penerapan hal yang sama pada Liga Champions 2016-2017, dimulai dari kualifikasi terakhir kompetisi sebelum babak play off dan penyisihan grup.
Di samping itu, Liga Europa juga akan menggunakan teknologi ini. Dikutip dari AS, penerapan untuk kompetisi ini dilakukan pada musim 2017-2018 sejak babak penyisihan grup. UEFA juga akan mempertahankan penggunaan asisten wasit di belakang kotak penalti untuk memonitor semua situasi sehingga kejadian kontroversial tidak akan terulang lagi.
Teknologi garis gawang disepakati penggunaannya oleh International Football Association Board (IFAB) pada 2012. Kompetisi elite Eropa yang memakai teknologi ini pertama kali adalah Liga Inggris sejak musim 2013-2014, disusul oleh Piala Dunia 2014. Tapi modifikasi peraturan tidak berhenti di sana.
IFAB berencana menggunakan video replay sebagai salah satu bantuan yang bisa dipakai wasit untuk menghindari kontroversi seputar gol, penalti, kartu merah, atau hal-hal lain. Direncanakan, ide ini bisa menjadi aturan umum di dunia sepakbola dalam dua-tiga tahun ke depan.

perfusionjournal.com 99 domino poker Sumber: Sidomi