Gianni Infantino Resmi Jadi Presiden FIFA, Kalahkan Sheikh Salman

Pria yang sebelumnya bekerja sebagai Sekjen UEFA ini sukses mengalahkan Sheikh Salman, kandidat yang lebih dijagokan. Infantino akan memimpin FIFA dalam periode empat tahun, sejak 2016 hingga 2019.
Drama dalam pemilihan Presiden FIFA pada Jumat (26/2) dimulai sejak pengumuman lima calon utama yang terdiri dari Gianni Infantino, Pangeran Ali bin Al-Husein, Sheikh Salman, Jerome Champagne, dan Tokyo Sexwale. Di luar dugaan Sexwale mengundurkan diri hanya sesaat setelah menyampaikan visi misi di depan Kongres Luar Biasa (KLB) FIFA. Empat kandidat tersisa pun bertarung.
Hasilnya, Jerome Champagne menuai tujuh suara, Pangeran Ali 27 suara, Sheikh Salman 85 suara, dan Gianni Infantino 88 suara. Karena tidak ada pemenang mutlak yang memperoleh 2/3 total suara, maka digelarlah putaran kedua pemilihan. Hanya Infantino dan Sheikh Salman yang berhak maju ke babak tersebut. Peraturannya, yang mendapatkan lebih dari 50 persen suara, diah yang menang.
Gianni Infantino yang didukung oleh mayoritas negara-negara UEFA, mendapatkan 115 suara. Akan halnya Sheikh Salman hanya 88 suara. Tidak terelakkan lagi, Infantinolah yang berhak menjadi pimpinan FIFA, menutup lembaran sejarah kelam FIFA di bawah Sepp Blatter yang berkuasa selama lima periode.
Infantino bukan sosok asing di dunia sepakbola. Ia tokoh penting di UEFA yang kerap menelurkan gagasan revolusioner. Misalnya, Infantino turut terlibat dalam perubahan skema putaran final Piala Eropa 2020 yang untuk pertama kalinya digelar di 13 negara. Untuk FIFA, Infantino menyuarakan konsepnya bahwa di Piala Dunia 2026 mendatang akan ada 40 negara yang bertarung.
Dalam pidato kemenangannya, dikutip CNN Indonesia, Infantino menyebutkan, Kita harus bangga terhadap FIFA dan bangga dengam yang akan kita lakukan bersama (di kemudian hari). FIFA telah melewati masa-masa sedih (era Sepp Blatter yang penuh skandal korupsi -red-), masa-masa krisis. Masa-masa itu telah berakhir. Kami akan mengembalikan citra FIFA.

perfusionjournal.com totojitu4d Sumber: Sidomi