Hasil Liga Europa 2016: Athletic Bilbao vs Sevilla 1-2, Jalan Mulus Juara Bertahan

Bermain di San Mames di leg pertama 8 besar Liga Eropa, pasukan Basque sempat unggul via gol Aritz Aduriz. Namun skor Sevilla vs Bilbao berbalik arah ketika Timothee Kolodziedjak dan Vicente Iborra membalikkan kedudukan. Sang juara bertahan semakin besar peluangnya lolos ke semifinal karena akan berlaga di Ramon Sanchez Pijzuan di leg kedua.
Tampil di kandang sendiri dan berambisi mengulang kejadian empat tahun lalu kala lolos ke final, Athletic Bilbao turun dengan kartu terkuat mereka dalam starting XI, Aritz Aduriz sebagai ujung tombak ditemani Inaki Williams dan Iker Muniain. Sevilla pun demikian, di luar kebiasan memakai line-up utama di Liga Europa, kecuali kiper David Soria. Namun hal ini tidak menghalangi Athletic lebih dominan.

Sevilla sang juara bertahan dua musim beruntun, cukup beruntung selamat dari 45 menit awal. Memang ada peluang emas kala tembakan Ever Banega dibendung Iago Herrerin lantas membentur mistar di menit 23. Hanya, Athletic juga menggigit via Inaki Williams dan Iker Muniain selang delapan menit. Kemudian, tandukan Aduriz lima menit jelang turun minum hanya mencium tiang.
Agresivitas Athletic seolah dibayar dengan gol Aritz Aduriz dua menit setelah kick off babak kedua. Berawal dari umpan silang Munian, sang penyerang veteran menanduk bola masuk ke gawang Sevilla untuk gol ke-32 musim ini. Bahkan menit 55, Xabi Etxeita mengirim upaya ampuh yang harus diblok Soria. Lolos dari ancaman gol ini, Sevilla kemudian mencuri balasan.

Iker Muniain menanduk bola ke arah kiper Herrerin, tetapi kirimannya terlalu pendek. Ever Banega menguasai bola, lantas mengirim umpan jitu kepada Timothe Kolodziejczak. Tanpa ampun, gawang Athletic terkoyak saat mereka ada di atas angin. Pelatih Ernesto Valverde tidak mau menyerah, ia mengutus Markel Susaeta dan Inigo Lekue untuk memperbaiki keadaan.
Namun keputusan Unai Emery lebih tepat. Ia memasukkan Vicente Iborra di menit 74, lalu sembilan menit kemudian sang gelandang membalikkan keadaan. Kevin Gameiro mengirimkan umpan ampuh yang tak bisa dihalau bek Athletic, dan diselesaikan Iborra. Masuk, skor berbalik di menit krusial.
Hingga akhir, Athletic tak cukup ampuh untuk membalas. Skor 1-2, Sevilla sepertinya ada di jalur tepat untuk juara tiga kali beruntun di Liga Europa.

Gol: Aritz Aduriz 47/ Timothee Kolodjiezcjzak 56, Vicente Iborra 83
Athletic Bilbao (4-2-3-1): Herrerin; De Marcos, Etxeita, Boveda, Balenziaga; San Jose, Benat; Williams (Susaeta 63), Eraso (Viguera 69), Muniain (Lekue 63); Aduriz.
Sevilla (4-2-3-1): Soria; Coke, Rami, Kolodziejczak, Tremoulinas (Fazio 12); NZonzi, Krychowiak; Vitolo, Banega (Iborra 74), Krohn-Dehli (Konoplyanka 68); Gameiro.

perfusionjournal.com togel hongkong Sumber: Sidomi